Thursday, September 27, 2012

Integrating VMware vSphere with Dell Blade Server Solutions


Di sekitar akhir Agustus 2012 kemarin, saya mengisi sesi demo dalam event yang diadakan kantor dengan tema virtualisasi (baca VMware) dengan sponsor Dell. Untuk itu, Dell menyediakan 3 unit blade server, lengkap dengan enclosure dan modul interconnectnya, dan iSCSI storage Equallogic. Karena sponsornya Dell, tentunya saya harus bisa menunjukkan value dari penggunaan hardware Dell pada solusi virtualisasi dengan VMware. Jadi setelah berdiskusi dengan tim Dell, dan banyak googling, akhirnya saya putuskan untuk mengangkat soal integrasi VMware vSphere dan hardware Dell dengan tiga topik bahasan: server management menggunakan Dell Management Plug-in (DMP) for VMware vCenter, fitur VAAI (vStorage APIs for Array Integration) yang dimiliki Equallogic, dan Equallogic management menggunakan Host Integration Tool – VMware Edition (HIT-VE). Artikel ini akan membahas mengenai DMP yang berguna untuk melakukan management Dell server langsung pada VMware vCenter.



Secara umum ada 5 fitur yang dimiliki oleh DMP for VMware vCenter, yaitu:
  • Monitoring and Alerting
  • Inventory
  • Firmware Updates
  • Deployment and Provisioning
  • Service Information

Monitoring and Alerting

Terintegrasi langsung dengan vCenter, DMP ini akan muncul sebagai tab pada server yang dimanage. Pada tampilan Overview, kita dapat memonitor health status dari hardware server yang bersangkutan, termasuk sub-system health status server tersebut, seperti processor, memory, battery, dan sebagainya.
Dengan DMP, System Event Log (SEL) yang mencatat event di level hardware pun dapat langsung diakses melalui vCenter. Pada sampel screen capture di bawah, terlihat SEL mencatat event penggantian disk drive di bay 1.
Satu hal lagi yang didapat dimonitor dengan DMP melalui vCenter adalah realtime power usage.

Inventory

Pada menu inventory, kita dapat melihat detail part yang terpasang pada server tersebut, termasuk informasi Part Number (PN) dan Serial Number (SN) yang berguna apabila kita perlu melakukan spare part warranty claim ketika terjadi kerusakan pada part yang bersangkutan. Untuk memory, kita bisa lihat jumlah slot yang tersedia, jumlah slot yang sudah terpakai, dan capacity/type yang saat ini sudah terpasang, sehingga apabila dibutuhkan penambahan memory, informasi ini dapat membantu kita untuk menentukan konfigurasi memory yang ingin dicapai, dan meminimalisir terjadinya kesalahan pembelian memory. Perlu diingat bahwa ada aturan-aturan dalam pemasangan memory, baik yang mandatory, yang kalau tidak diikuti akan mengakibatkan server tidak bisa dipower up, maupun yang sifatnya recommendation dengan pertimbangan performance. Oleh karena itu, konfigurasi memory existing, bukan hanya total capacity saja, menjadi informasi yang berharga.
Masih di hardware inventory, melalui DMP ini kita bisa melihat informasi NIC terpasang, PCI slot yang tersedia, add-on PCI cards yang terpasang, tipe dan jumlah processor, serta remote access card yang terpasang di server tersebut.
Untuk local disk, informasinya dapat dilihat pada bagian Storage, mencakup logical disk yang memberikan informasi RAID level dan jumlah disk yang membentuk logical disk tersebut, serta capacity untuk masing-masing logical disk. Sementara physical disk view akan memberikan informasi seputar physical disk seperti type, SN, PN, status, dan capacity masing-masing disk.

Firmware Updates

VMware vCenter menyediakan satu plug-in yang berguna untuk melakukan update, yaitu VMware vSphere Update Manager (VUM). VUM berguna untuk melakukan update terhadap level hypervisor (ESX/i) dan guest OS, sementara DMP mempunyai fitur untuk melakukan firmware update di level hardware. Melalui fitur ini, dengan hanya melalui satu console, yaitu vCenter, kita dapat melakukan management firmware secara lengkap terhadap infrastruktur virtual yang kita miliki, mulai dari level hardware, hypervisor, sampai ke level guest OS. Berikut ini ditampilkan animasi yang memperlihatkan satu siklus proses firmware update menggunakan DMP for VMware vCenter. Prosesnya sendiri cukup mudah dengan menggunakan wizard sehingga saya rasa tidak perlu dijelaskan lagi. :D

Deployment and Provisioning

Melalui menu Dell Management Center pada vCenter, DMP memungkinkan kita untuk melakukan hypervisor deployment terhadap bare metal machine. Termasuk dalam proses deployment ini adalah konfigurasi hardware dan hypervisor yang diinginkan, sehingga ketika proses deployment selesai dijalankan, host baru akan sudah terdaftar di vCenter dengan konfigurasi yang kita definisikan dalam deployment job. Penggunaan template untuk hardware dan hypervisor diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kesalahan apabila dibandingkan dengan proses deployment manual.

Service Information

Warranty (dan add-on support services) menurut saya adalah salah satu hal yang sangat penting untuk jaminan berjalannya IT services di suatu perusahaan. Tanpa hal itu, kita seperti mengendarai mobil tanpa asuransi. Ketika terjadi suatu kerusakan pada mobil kita, maka kita harus menanggung sepenuhnya segala biaya penggantian dan perbaikan. Namun, seperti juga asuransi, warranty seringkali diabaikan sampai suatu saat terjadi kerusakan, dan ternyata warrantynya sudah expired, maka kita akan dihadapkan pada beberapa masalah, untuk mendapatkan support biasanya pihak principal akan menyodorkan biaya yang tidak kecil, belum lagi tidak adanya jaminan keberadaan spare part, tidak menentunya jangka waktu mesin kita dapat kembali beroperasi, dan seterusnnya. Oleh karena itu, DMP memberikan informasi service ini sebagai salah satu fiturnya. Dari sini kita dapat mengetahui masih berapa lama lagi hardware yang kita miliki tercover warranty. Karena sudah terintegrasi dengan vCenter, maka informasi ini juga akan muncul dalam sistem alerting vCenter ketika masa warranty sudah mencapai waktu tenggat tertentu, sehingga kita dapat melakukan prosedur yang seharusnya.

Jadi dengan adanya DMP for VMware vCenter, kita dapat melakukan management terhadap hardware server yang digunakan sebagai vSphere host, langsung dari vCenter, tidak perlu membuka beberapa management console, termasuk untuk melakukan beberapa task operational seperti deployment dan firmware updates. Informasi lebih lanjut mengenai DMP for VMware vCenter ini dapat ditemukan disini.

No comments:

Post a Comment